Jasa Boga

Program keahlian tata boga merupakan program keahlian yang berkomitmen melahirkan tenaga-tenaga didik yang memiliki skill atau keahlian sesuai dalam bidangnya. Didalam program keahlian tata boga siswa siswi diberikan keahlian dalam bidangnya sehingga siswa-siswi  memiliki ketrampilan di bidang kuliner dan profesionalisme. Setelah lulus siswa-siswi diharapkan mampu memasak masakan semua bangsa & menyajikan makanan sesuai cara-cara pada restoran-restoran internasional.  Mampu mencampur dan menyajikan minuman-minuman pada bar (bartending) . Memahami teknik-teknik memasak serta pengetahuan tentang sifat-sifat bahan-bahan makanan dan dapat menyusun atau menciptakan resep-resep masakan dan menu-menu masakan sesuai selera dan citarasa selera pelanggan Anda.
Disamping itu, bidang keahlian tata boga adalah suatu bidang keahlian/jurusan yang mendidik siswa dalam bidang makanan dan minuman dalam hal produk dan jasa. Bidang keahlian ini terbagi menjadi dua program keahlian yaitu Program Keahlian Restaurant dan Program Keahlian Patiseri. Program keahlian restaurant adalah program tata boga yang terfokus pada makanan dan minuman yang dikelola di hotel dan restaurant yang bertaraf nasional maupun internasional.
Tujuan program keahlian tata boga secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keahlian restoran adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
Mengolah dan menyajikan makan kontinental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama dan makan penutup.
Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, makan pokok, lauk pauk dan makanan penutup.
Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan.
Mengolah dan menyajikan aneka minuman non alkohol.
Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran.